Spartan 20:07

Welcome To Spartan 20:07 Blog, have a nice day....

Saturday, March 17, 2012

Pengertian Modus, Median, Kuartil, Desil, dan Persentil

1. Modus
    Untuk menyatakan fenomena yang paling banyak terjadi atau paling banyak terdapat di lingkungan ukuran modus disingkat Mo, Jika kita dengar atau baca : kebanyakan kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit malaria, pada umumnya kecelakaan lalu lintas karena kecerobohan pengemudi, maka ini tiada lain masing-masing merupakan modus penyebab kematian dan kecelakaan lalu lintas.

2. Median
    Median menentukan letak data setelah data itu disusun, menurut urutan nilainya, kalau nilai median sama dengan Me, maka 50% dari data harga-harganya paling tinggi sama dengan Me, sedangkan 50% lagi harga-harganya paling rendah sama dengan Me.

3. Kuartil
    Jika sekumpulan data dibagi menjadi empat bagian yang sama banyak, sesudah disusun menurut urutan nilainya, maka bilangan pembaginya disebut kuartil.

4. Desil
    Jika kumpulan data itu dibagi menjadi sepuluh bagian yang sama, maka didapat sembilan pembagi dan tiap pembagi dinamakan desil
 
5. Persentil
    Sekumpulan data yang dibagi menjadi seratus bagian yang sama akan menghasilkan sembilan puluh sembilan pembagi yang berturut-turut dinamakan persentil pertama, kedua, .... sembilan puluh sembilan, dan disimbolkan menjadi P1, P2, .... P99

No comments:

Post a Comment