Spartan 20:07

Welcome To Spartan 20:07 Blog, have a nice day....

Sunday, March 25, 2012

Wisata Air Terjun Songgolangit di Jepara, Jawa Tengah

Air Terjun SonggoLangit adalah air terjun yang terletak di Bucu, Kembang 30 km sebelah utara dari pusat kota Jepara. Air terjun ini mempunyai ketinggian 80 meter dengan lebar 2 meter. Disekitar air terjun ini dapat dijumpai beragam Kupu-kupu.

Gambar 1.1 Pintu Gerbang Air Terjun Songgolangit

Berjarak 35 km dari pusat Kota Jepara ke arah utara. Untuk mencapai Air Terjun Songgolangit dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan kondisi jalan beraspal.
Jika dari pusat kota Jepara, ambil jalan ke arah utara yang menuju jalur arah Kabupaten Pati dengan melewati Kecamatan Mlonggo, Kecamatan Bangsri dan Kecamatan Kembang. Jarak Jepara ke Kecamatan Kembang kurang lebih 20 km. Selanjutnya dari Kecamatan Kembang perjalanan diteruskan ke Desa Cepogo melewati hutan jati milik Perhutani dengan jarak kurang lebih 2 km hingga sampai pertigaan jalan di desa tersebut. Di pertigaan ini akan ditemui papan petunjuk ke lokasi Air Terjun Songgolangit. Papan petunjuk ini ada di tepi jalan dan mudah terlihat. Dalam papan petunjuk ini lokasi air terjun masih berjarak 11 km lagi dengan mengambil arah ke kanan atau timur dari pertigaan tersebut.
Dari Desa Cepogo ini perjalanan selanjutnya akan melewati Desa Semanding hingga tiba di Desa Bucu, dimana air terjun tersebut berada.
Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Terminal Jepara naik bis jurusan Pati atau Bangsri. Turun di pertigaan ke arah Desa Cepoga. Jarak dari pertigaan ini ke Terminal Bangsri kurang lebih 4 km. Setelah turun perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan ojek (banyak tersedia di pertigaan tersebut) menuju lokasi Air Terjun Songgolangit. Ongkos naik ojek ini lumayan sekitar Rp 20000 sekali antar atau pergi.
Gambar 1.2 Tempat Tujuan Wisata Air Terjun Songgolangit
Sayangnya dulur, pas waktu penulis kesitu, tempat wisata ini sedang tutup, sehingga sepi pengunjung, jadi sewaktu masuk ke dalam gerbang pintu juga ngga bayar soalnya ga ada yang jaga juga, (ups..!!!) hehe. oia lur, kalo pengen berenang disini, disarankan di tepiannya saja, soalnya pas ke tengah air terjun itu airnya dalem banget....

Gambar 1.3 Tempat Tujuan Wisata Air Terjun Songgolangit
Gambar 1.4 Tempat Tujuan Wisata Air Terjun Songgolangit
Gambar 1.5 Tempat Tujuan Wisata Air Terjun Songgolangit

2 comments:

  1. lho jepara ada air terjunya yaa ?
    mampir blog ane bro

    ReplyDelete
  2. iy bang ad ko, mksih y dah comment, ane pasti mampir...

    ReplyDelete